khasiat buah tin untuk kesehatan

khasiat buah tin untuk kesehatan

Khasiat buah tin untuk kesehatan - buah tin sepertinya tidak banyak orang Indonesia mengetahuinya. Bukan hanya manfaat yang diberikan oleh buah tin, masyarakat juga masih asing dengan nama buah tersebut. Hal yang menyebabkan hal itu terjadi karena buah tin sangat jarang dikembangkan di Indonesia. Para petani justru beranggapan buah tin tidak akan mampu bersaing dengan buah-buahan lainnya yang ada dipasaran Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Ficus carica Linimerupakan buah yang berasal dari tanah suci Makah, Arab Saudi.

Buah tin sebenarnya memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan di daratan Asia Barat, dan buah ini selalu dijadikan buah tangan bagi yang melakukan ibadah haji maupun umroh untuk diberikan kepada sanak saudara di tanah air. Khasiat dan manfaat buah tin tidak bisa dipandang sebelah mata, dikarenakan buah tin adalah salah satu nama surat dalam Al-Quran. Pada surat tersebut, Allah SWT menjelaskan mengenai keistimewaan pada buah tin. Dalam Al-Qur’an juga tersirat buah tin dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Keistimewaan yang dimiliki buah tin tersebut tidak terlepas dari kandungan zat yang ada pada buah tin. Dan berikut ini jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah tin:
khasiat buah tin untuk kesehatan
1. Menyembuhkan kanker

Buah tin adalah buah kedua yang memiliki senyawa aktif Xanthone selain buah manggis. Senyawa ini telah diakui secara medis dapat menyembuhkan sel kanker. Pola penyerangan senyawa aktif tersebut hanya akan menyerang sel kanker saja dan melindungi sel sehat agar tidak ikut terkena infeksi kanker.

2. Menyehatkan Jantung

Buah tin juga kaya akan zat anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu juga anti oksidan dapat melemaskan pembuluh jantung agar dapat bekerja secara maksimal dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

3. Menyembuhkan obesitas

Penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan ini, dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah tin yang kaya akan antosianin alami.

4. Menurunkan kolesterol

Minyak jahat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius seperti kolesterol. Untuk menurunkan kolesterol dapat dengan menggunakan buah tin yang kaya akan zat detoksifikasi alami. Zat tersebut akan menyerap minyak jahat dan membersihkan semua saluran yang ditutupi oleh minyak tersebut.


Baca juga : khasiat buah pinang untuk kesehatan

Rasa cinta dan kasih sayang Allah SWT kepada para hamba-Nya tercermin dari keistemewaan buah tin. Selain itu, buah tin juga telah mendapatkan pengakuan dari bidang kesehatan sebagai obat herbal. Maka khasiat dan manfaat buah tin  yang langka ini bisa menjadi opsi dalam hal pengobatan. Itulah khasiat buah tin untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk anda.

No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top