4 khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan

4 khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan

Khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan - tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Buah yang lebih akrab dengan sebutan buah lengkeng ini berasal dari daratan Asia Tenggara. Dengan jenis buah tropis, menjadikan buah ini akan mudah ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan habitat hidup tumbuhan ini sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Daerah penghasil buah kelengkeng untuk wilayah Indonesia ialah kota Malang. Kota yang identik dengan suhunya yang dingin ini merupakan habitat sempurna bagi pertumbuhan pohon kelengkeng.

Buah kelengkeng memiliki ciri yang bergerombol, karena untuk satu untai ranting saja bisa dihuni oleh 8 – 12 buah kelengkeng. Buah ini juga memiliki corak unik pada bagian kulitnya. Corak polkadot hitam pada permukaan kulit berwarna coklat menjadikan buah ini selintas terlihat lucu. Daging buah kelengkeng memiliki warna bening dengan tekstur yang sedikit kenyal dengan rasanya yang manis. Tidak heran banyak masyarakat yang mengkonsumsi buah kelengkeng karena sensasi rasanya yang menyegarkan. Selain itu juga, ternyata khasiat dan manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh sangatlah baik. Dan berikut ini beberapa khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan:

khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan

1. Menambah nafsu makan

Bagi orang tua yang dipusingkan dengan anak yang susah makan atau nafsu makannya yang buruk, maka bisa mengobatinya dengan kelengkeng. Buah ini memiliki fruktosa yang juga bisa digunakan sebagai stimulan bagi anak yang susah makan.

2. Menghilangkan depresi

Lengkeng yang mengandung senyawa anxiety dapat meringankan tingkat depresi seseorang. Konsumsilah lengkeng secara perlahan dan biarkan senyawa tersebut menenangkan syaraf otak yang tegang.

3. Luka Bakar

Selain daging buah lengkeng, ternyata biji buah ini dapat digunakan bagi luka bakar pada kulit. Kandungan anti bakteri pada biji kelengkeng dapat mempercepat penyembuhan luka bakar tersebut.

4. Menambah tenaga

Buah kelengkeng yang kaya akan karbohidrat nabati ini juga dapat menjadi suplai energy bagi tubuh yang kelelahan.

Khasiat dan manfaat buah kelengkeng  bagi berbagai macam penyakit dalam maupun luar dikarenakan senyawa yang terkandung dalam buah kelengkeng itu sendiri. Dan kandungan tersebut pada dasarnya sangat diperlukan bagi tubuh untuk menjalankan otak tetap bekerja normal. Baca juga : Khasiat Buah Pinang Muda Untuk Kesehatan

No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top